7 Des 2011

Beberapa Tipe Suami dan Bagaimana Cara Menyikapinya 2/7

2. Suami sangat pencemburu

Cemburu yang proporsional adalah sesuatu yang sangat penting. Untuk menyemarakkan kehidupan suami istri dan menunjukkan rasa cinta seseorang kepada pasangannya. Siapa yang tak punya rasa cemburu terhadap keluarganya maka ia adalah dayyuts dan dijauhkan rahmat Allah Ta’ala.
Cemburu itu berbeda-beda antara seseorang dengan yang lainnya. Akan tetapi bila cemburu ini melewati batas kewajaran maka bisa membakar dan menghanguskan ke­hidupan. Dan kondisinya berubah menjadi kondisi tak sehat, lalu bagaimana engkau bersikap terhadapnya?
  • Selimutilah suamimu dengan kasih sayang dan jangan terlalu cepat menunjukkan reaksi terhadapnya. Ketahuilah bahwa ia sedang melewati masa-masa kritis, jelaskan ke­padanya segala syubhat agar jiwanya tenang.
  • Jangan picu rasa cemburunya tanpa alasan. Misalnya engkau berbicara tentang seseorang, tentang sifat dan akhlaknya lalu engkau menampakkan ketakjubanmu ter­hadapnya. Hal ini,akan memicu rasa cemburunya.
  • Seorang istri, janganlah menguatkan keraguan suami atau menyelisihi dan mendurhakai perintahnya sehingga semakin bertambah keraguannya.
Berikut ini beberapa contoh, dan contoh dalam ma­salah ini sangat banyak:
Seorang lelaki pencemburu, masuk menemui istrinya, ternyata si istri sedang berbicara lewat hand pone. Lalu suami bertanya dengan nada keraguan, “Dengan siapa engkau berbicara?”
Sikap pertama:
Engkau menutup hand pone dan memberikan reaksi kepadanya sehingga keraguan suami semakin bertambah.
Sikap kedua:
Engkau meletakkan hand pone pada telinganya ternyata ia mendengar suara teman wanitamu sehingga menjadi malu terhadap dirinya dan bertambah kepercayaannya terhadapmu.
-www.shalihah.com -

Sumber: Surat Terbuka untuk Para Istri, Penulis Ummu Ihsan dan Abu Ihsan, Pustaka Darul Ilmi, hal 156-158

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template