7 Des 2011

Beberapa Tipe Suami dan Bagaimana Cara Menyikapinya 1/7

1. Suami terlalu tertutup

Ada tipe suami yang selalu tertutup dalam segenap sisi kehidupannya. la terkesan kurang terbuka dan tidak mau melibatkan istri dalam setiap urusannya. Bagaimana sikapmu?
Sebelumnya, coba tanya kepada dirimu sendiri, mungkin sikap suamimu itu terdorong karena sikapmu yang terlalu banyak turut campur dalam segala urusannya dan selalu mau tahu semuanya?
Jika benar, ketahuilah bahwa sikapmu itu tidaklah benar. Sebab tidak semua rahasia suamimu engkau harus tahu. Termasuk juga urusan pekerjaan sebab setiap pekerjaan tentu ada rahasianya. Apalagi jika rahasia itu menyangkut kut masa lalunya, maka engkau tidak boleh memaksa untuk mengetahui kecuali dengan izinnya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Termasuk kebaikan Islam seseorang adalah mening­galkan hal-hal yang bukan urusannya.” [Hadits riwayat At-Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih
Sunan at-Tirmidzi
(2317)]

Ataukah suamimu bersikap tertutup karena ia melihat bahwa engkau adalah tipe istri yang tidak pandai menjaga rahasia suami?

Wahai istri yang bijak, pandai-pandailah menjaga ra­hasia suamimu!
Menjaga rahasia merupakan tugas hati yang paling berat. Suami juga manusia seperti dirimu, insan yang lemah untuk memikul rahasia. Kadang kala ia tidak sabar untuk menyimpannya .
Siapakah orang lain, selain dirimu yang bisa diper­cayainya? Siapakah orang lain selain dirimu yang bisa ia ajak bertemu empat mata? Siapakah orang lain selain dirimu yang bisa ia gantungkan jiwa dan perasaannya kepadanya?
Siapakah orang lain selain dirimu yang maslahatnya juga maslahatmu, rahasianya juga rahasiamu, mudharatnya juga mudharatmu, masa depannya juga masa depanmu?
Engkau adalah orang kepercayaan tempat ia me­nyimpan rahasia. la mengungkapkan segala perasaan dan kekesalannya, janji-janji dan masalah-masalahnya dari yang kecil sarnpai yang besar. Jiwanya akan merasa senang dan hatinya akan merasa lega.
Ketika ia menitipkan rahasia itu kepadamu, engka adalah orang kepercayaan bagi suamimu dan rahasia-raha­sianya.
Rumah adalah suatu yang paling khusus yang dimiliki oleh seorang lelaki. Rumah menjadi tempat ia menyimpan segala kepentingan dan privasinya di situ. Serta hal-hal yang ia tidak suka dilihat oleh orang laln, walaupun oleh karib kerabat dan familinya.
Wahai para istri hendaklah engkau membantu suami dalam menjaga kepercayaannya terhadap dirimu.
Bagaimana halnya jika semua sifat buruk itu tidak ada pada dirimu namun suamimu memang tipe pria yang tertutup?
Sadarilah bahwa sifat laki-Iaki itu bermacam-macam. Dan tidak semua laki-laki gemar bercerita. Maka selama hak-hakmu tetap terpenuhi maka hendaknya engkau banyak memberi toleransi. Misalnya ia tertutup dalam masalah keuangan, namun semua kebutuhanmu selalu ia cukupi. Ambillah sisi positif dari sikapnya. Sebab dengan seperti itu pikiranmu tidak banyak terbebani.

-www.shalihah.com -

Sumber: Surat Terbuka untuk Para Istri, Penulis Ummu Ihsan dan Abu Ihsan, Pustaka Darul Ilmi, hal 154-156

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template